• PROMO DAN DISKON TERBATAS ❯ Jual kaca tempered 10mm, 12mm dan 8mm harga promo diskon sampai 25% dan Free Ongkir. Chat Admin kami untuk klaim bonus dan diskonnya!
  • Jual Pintu Kaca Tempered ❯ Tersedia pintu kaca tempered ukuran jadi siap pakai, lengkap dengan handle, kunci dan patch fitting.
  • Jual Material dan Jasa Pasang ❯ Kanopi kaca tempered, partisi kaca tempered, pintu geser kaca, pintu automatic, pintu aluminium, jendela aluminium, ACP Seven dan Curtain Wall
Beranda » Blog » 5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

Diposting pada 7 January 2023 oleh admin / Dilihat: 61 kali / Kategori:

cara membedakan kaca tempered dan kaca biasa

 

Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa akan kami uraikan dalam penjelasan di bawah ini. 5 cara untuk membedakan ini penting agar Anda tidak salah dalam mengenali dan memilih kaca tempered. Khususnya bisa mengetahui kaca tersebut benar benar kaca tempered atau tidaknya.

Sebelumnya mungkin bagi yang sedang membangun baik itu bangunan gedung, ruko sampai rumah tinggal tak lepas dari penggunaan material kaca.

Material yang wajib dipakai di setiap bangunan ini memiliki beberapa jenis disesuaikan dengan kegunaannya. Mungkin ada sekitar puluhan jenis kaca yang ada dipasaran, dimana setiap jenisnya memiliki ketebalan yang berbeda, mulai dari tebal 5mm, 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 15mm, 19mm.

Umumnya yang sering digunakan untuk bangunan adalah ketebalan 5mm – 12mm saja. Untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan, biasanya dikombinasikan 2 material kaca yang dijadikan satu biasa disebut dengan kaca laminated.

Nah untuk kaca tempered sendiri juga banyak digunakan untuk material bahan bangunan. Jika kita sering ke lobby gedung, disana ada pintu masuk utama yang tidak menggunakan frame/kusen.

Bisa dipastikan bahwa material kaca tersebut merupakan kaca tempered. Selain itu partisi atau dinding kaca di lobby maupun ruangan juga banyak menggunakan kaca jenis tempered.

 

Lihatlah gambar dibawah ini yang bisa dipakai juga membedakan antara kaca biasa dengan kaca tempered.

bentuk pecahan kaca tempered dan kaca biasa

bentuk pecahan kaca tempered dan kaca biasa

 

Dapat kita lihat dari gambar diatas , bahwa untuk kaca bisa (annealed glass) jika pecah maka pecahannya cenderung tidak beraturan dan sangat tajam. Pecahan ini sangat berbahaya sekali jika terkena orang disekitarnya.

Pastinya akan menimbulkan luka yang sangat serius, karena bentuk pecahan kaca umumnya sangat tajam serta tidak beraturan modelnya.

Berbeda dengan gambar disampingnya (gambar kedua), yang menunjukkan bahwa itu adalah kaca tempered. Pecahan kaca yang di proses tempered cenderung beraturan dan kecil kecil bentuknya. Sehingga tidak berbahaya jika seandainya terkena orang.

Jika Anda sering melihat kaca kaca yang pecah di film, ada jenis yang bisa meledak dan menjadi butiran kecil kecil. Itu adalah kaca tempered, yang tidak membahayakan bagi orang sekitarnya saat pecah.

Lalu kaca tempered ini umumnya digunakan untuk apa saja sih? Lebih jelasnya kami uraikan di bawah ini.

Penggunaan Kaca Tempered

Berikut ini adalah penggunaan kaca tempered secara umum sebagai berikut :

  • Kaca daun pintu lobby
  • Kaca pintu untuk ruangan
  • Kaca daun pintu untuk shower kamar mandi
  • Kaca luar dinding bangunan
  • Kaca partisi ruangan
  • Kanopi kaca
  • Railing balkon
  • Railing tangga
  • Kaca daun jendela
  • Kaca daun pintu ruangan
  • Dan penggunaan lainnya

Inilah 5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

Sebelum memutuskan untuk membeli kaca tempered, ada baiknya jika Anda mengetahui apa sih kaca tempered itu? Dan mengapa harus menggunakan kaca tempered? Serta apa beda kaca tempered dibandingkan dengan kaca biasa?

Nah, kaca tempered itu adalah kaca yang diproses menggunakan pemanasan dengan suhu tertentu kemudian didinginkan secara tiba tiba. Pemanasan kaca tempered umumnya menggunakan suhu antara 650 – 700 derajat celcius.

Proses ketika kaca sedang panas panasnya kemudian dilakukan pendinginan yang mendadak inilah yang menghasilkan kaca tempered.

Berikut ini adalah 5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa yang harus dilakukan

1. Cek logo emboss di kaca

Perhatikan logo embos berwarna putih atau warna lain yang menandakan bahwa kaca tersebut merupakan kaca tempered. Logo tersebut terletak di sudut kanan atau kiri paling bagian bawah kaca.

Dan logo embos tersebut adalah permanen serta sulit untuk dihapus. Bahkan dengan cara digores, logo tersebut masih tetap ada. Umumnya di indonesia produsen/aplikator kaca tempered embos logonya berwarna putih.

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh logo emboss kaca tempered.

logo emboss kaca tempered

logo emboss kaca tempered

 

2. Cek finishing tepi atau pinggiran kaca

Umumnya finishing kaca tempered lebih halus dan rapi dibanding kaca biasa. Karena kaca tempered harus di proses gosok mesin pada keliling pinggiran kaca sebelum di proses tempered.

Jika kita lihat  dengan mata, pinggiran kaca tempered lebih rapi karena proses gosok. Dan jika kita raba dengan tangan sangat halus dan tidak tajam sama sekali.

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh gosok mesin kaca tempered.

gosok mesin kaca tempered

gosok mesin kaca tempered

 

3. Cek warna kaca

Secara kasat mata, untuk membedakan kaca tempered dengan yang bukan adalah dilihat dari warnanya. Umumnya untuk jenis kaca tempered memiliki warna yang lebih gelap dibanding kaca biasa.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan saat kaca sedang diproses tempered (dilakukan pemanasan dengan suhu tertentu lalu didinginkan secara mendadak).

Sehingga cukup dengan memperhatikan logo emboss, cek finishing pinggiran kaca yang lebih halus, dan warna kaca lebih gelap.

 

4. Cek kekuatannya

Kaca tempered memiliki kekuatan 5x lipat lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa (bukan tempered). Mampu menahan pukulan pada bidang datarnya lebih kuat dibanding kaca biasa.

Untuk cek kekuatannya tentu bisa dilakukan pengujian di laboratorium maupun di pabrik kaca tersebut. Namun jika ingin membuktikan secara langsung bisa di tes dengan memukul secara langsung di bidang kaca atau ditengah2 kaca.

 

5. Cek jenis retakan jika pecah

Nah yang terakhir untuk mengetahui bahwa itu kaca tempered atau bukan, adalah jenis retakan ketika sudah pecah.

Kaca tempered merupakan kaca safety yang dibuat agar aman digunakan khususnya di ruang umum atau public area. Sehingga jika seandainya pecah, maka tidak akan membahayakan orang disekitarnya.

Kaca biasa jika pecah bentuknya sangat tajam dan tidak beraturan, namun kaca tempered jika pecah akan menjadi butiran yang bentuknya kecil dan beraturan. Sehingga tidak membahayakan jika kaca tersebut pecah.

Seperti terlihat di gambar di bawah ini :

pecahan kaca tempered

pecahan kaca tempered

 

Nah itulah beberapa cara membedakan kaca tempered dan kaca biasa atau yang bukan tempered atau kaca annealed. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan chat admin kami.

Kami juga menyediakan bahan kaca tempered yang bisa dilihat di katalog produk kami dan bisa langsung di klik lewat link di samping ini : Lihat Katalog Produk Kaca Disini

Silahkan klik link diatas untuk melihat daftar harga kaca tempered mulai dari kaca polos, kaca stopsol, kaca panasap, kaca sunergy, kaca t-sunlux, kaca laminated dan  jenis kaca lainnya.

Selain itu kami juga menyediakan jasa pemasangan untuk berbagai jenis kaca dan pekerjaan aluminium lainnya. Silahkan hubungi admin kami atau bisa klik tombol chat di pojok kanan bawah.

Tags:

Bagikan ke

5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Membedakan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

error: Content is protected !!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

CS 1
● online
CS 2
● online
CS 1
● online
Halo, perkenalkan saya CS 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja